Minggu, 15 Juli 2012

Cara menggunakan DBDesigner

Bismillahirahmanirrahim…. Di_episode kali ini saya akan mencoba posting tentang bagaimana cara menggunakan DBDsigner, tapi sebelumnya sedikit saya akan menjelaskan tentang,Apa itu DBDesigner? DBDesigner adalah salah satu perangkat lunak bantu untuk keperluan semacam itu adalah DBDesigner yang dioptimalkan untuk MySQL. sebelum anda mendesigner..pastikan anda sudah mempunyai LRSnya...!!

Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan DBDesigner :

1. Klik komponen Tabel pada toolbar seperti di gambar berikut :





2. Letakan komponen tersbut. pada page area sehingga muncul komponen Tabel (Table_01) pada pagearea, kemudian klik kanan komponen tersebut sehingga muncul menu dan pilihlah Edit Object seperti berikut :



3. Menu Edit Object akan menampilkan jendela Table Editor. Pada Table Editor kita bisa menentukan properties dari tabel seperti nama tabel, tipe data, primary key dsb. Ubah dan simpanlah properties tabel (Table _01) menjadi tabel faktur (struktur tabel seperti pada pembahasan LRS tanpa ada FK) seperti berikut :



4. Ulangi langkah-langkah menggunakan komponen Table di atas (tabel faktur) untuk tabel barang dan langganan (struktur tabel seperti pada pembahasan LRS tanpa ada FK). Sehingga ada 3 komponen Table seperti gambar berikut:

.

5. Langkah berikutnya membuat relasi 1-M antara langganan dengan faktur dengan cara klik komponen 1-n Relation pada toolbar seperti di gambar berikut :



6. Klik di tabel langganan kemudian klik di tabel faktur, sehingga muncul komponen relasi yang menghubungkan kedua tabel tersebut.dan FK (NLgn) berada pada table faktur, seperti gambar berikut :



7. Langkah berikutnya membuat relasi M-M antara faktur dengan barang dengan cara klik komponen n-m Relation pada toolbar seperti di gambar berikut:



8. Klik di tabel faktur kemudian klik di tabel barang, sehingga muncul komponen relasi yang disertai munculnya tabel baru (faktur_has_barang) dan FK (Nfak & NBrg) berada pada table tersebut, seperti gambar berikut :



9. Edit properties tabel faktur_has_barang yaitu dengan mengganti nama menjadi tabel transaksi dan menambahkan field Qty dan HrgTran. Sehingga menjadi seperti gambar berikut :




Nahhh itu dia sobat... langkah-langkahnya,semoga berhasil sobat... salam sukses broo..!!hehe



















0 comments:

Posting Komentar

Silahkan di comment

Popular Posts

Artikel Terkait lainnya

Blogger news

Pages